Cara Analisis Laporan Keuangan Perusahaan

Cara Analisis Laporan Keuangan Perusahaan

Pada kesempatan ini Ekonomi akan mengulas tentang "" dengan judul artikel "Cara Analisis Laporan Keuangan Perusahaan".

Tag :

Artikel Terkait Informasi Akuntansi Keuangan Terbaru & Terlengkap

SmartPeople.ID - Jangan lupa membaca artikel sebelumnya, Anda bisa menemukan berbagai rekomendasi bisnis terbaik sesuai karakteristik dan hobi Anda di halaman > Rekomendasi Bisnis Terbaik dan Terlengkap.

Analisis laporan keuangaan adalah bagian yang tidak dapat dipisahkan dari akuntansi dan keuangan. Ketika anda ingin melakukan penelitian di bidang keuangan dan pasar modal. Atau 

Berikut adalah tahapan dan cara melakukan analisis laporan keuangan, agar anda bisa mendapatkan interpretasi untuk analisis, dan menarik kesimpulan apakah suatu perusahaan dapat dikatakan sehat secara keuangan atau tidak: 

1. Menetapkan tujuan analisis laporan 

Metode untuk melakukan analisis laporan keuangan itu sangat banyak. Anda bisa menggunakan analisis rasio keuangan, analisis laporan laba rugi, analisis arus kas dan sebagainya. 

Maka dari itu, anda harus menetapkan metode atau analisis apa yang akan anda fokuskan dalam analisis laporan keuangan. Cara-cara menganalisis laporan keuangan secara lengkap bisa anda dapatkan disini: Ebook Analisis Laporan Keuangan. 

Sebagai contoh, ketika mau melakukan analisis rasio pada laporan keuangam, anda harus menetapkan apakah anda mau menganalisis profitabilitasnya, atau likuiditasnya, atau mengamati solvabilitasnya dan sebagainya, karena rasio-rasio yang digunakan juga berbeda. Dengan menetapkan analisa yang mau anda gunakan, anda akan lebih mudah untuk melangkah dalam tahapan analisis laporan keuangan selanjutnya. 

2. Mengumpulkan data sampel untuk analisis laporan keuangan 

Setelah anda mengetahui apa yang ingin anda analisis, anda bisa mulai mengumpulkan data-data yang anda butuhkan untuk analisa. Data-data disini bisa berupa data laporan keuangan perusahaan selama tahun penelitian anda, data harga saham, data return saham dan data-data pendukung lainnya. Data-data sampel ini nantinya perlu anda olah lagi untuk mendapatkan hasil interpretasi analisa anda. 

3. Menentukan metode analisis laporan keuangan 

Jika anda melakukan penelitian analisis laporan keuangan, maka metode analisis laporan keuangan sangat diperlukan. Itu artinya anda harus menentukan metode analisa anda. Misalnya anda menggunakan uji Anova, T-test, uji Regresi dan uji lainnya. Baca juga: Ebook Statistik Lengkap PDF.  

4. Melakukan analisis laporan keuangan 


Tahapan terakhir dalam analisa laporan keuangan yaitu melakukan analisis itu sendiri dan interpretasi analisa. Setelah anda menentukan analisa yang anda gunakan dan mengumpulkan data-data untuk analisa laporan keuangan, dari hasil yang sudah anda olah, anda harus menyimpulkan dan mengiterpretasikan laporan keuangan perusahaan yang jadi sampel anda. 

Anda bisa menyimpulkan perusahaan sehat atau tidak, struktur modal perusahaan bagus atau tidak, perusahaan profitable atau tidak dibandingkan perusahaan di satu sektor lainnya, arus kas perusahaan sehat atau tidak, semuanya harus anda tuangkan dari hasil analisis yang sudah anda lakukan. Ini yang dinamakan dengan 'bedah laporan keuangan'.

Bagaimana cara melakukan analisis laporan keuangan secara lengkap? Bagaimana cara anda membaca dan menganalisis laporan keuangan dengan komprehensif? Bagaimana cara melakukan bedah laporan keuangan? 

Anda bisa mendapatkan materi tentang analisis laporan keuangan PDF disini: Ebook Analisis Laporan Keuangan & Bedah Laporan Keuangan. Berikut adalah covernya: 



Disini anda bisa mendapatkan banyak sekali materi-materi tentang analisis laporan keuangan, dan melakukan bedah laporan keuangan untuk seluruh komponen keuangan perusahaan. Ada banyak marteri2 yang akan kita pelajari termasuk analisa rasio keuangan, analisa laba, modal kerja, kebangkrutan perusahaan dan lain2 dan semua akan kita kupas tuntas di ebook analisa laporan keuangan tersebut. 

Dan saya sertakan full interpretasi dan contoh2 cara menganalisis laporan keuangan. Jadi jika selama ini lebih banyak melihat teori-teori analisa laporan keuangan, maka di ebook ini anda belajar lebih banyak interpretasi analisa laporan keuangan (bukan hanya sekedar teori). Anda bisa menggunakan analisa laporan keuangan ini untuk berbagai kepentingan seperti penelitian, tesis dan sebagainya. 


Selain sebagai media informasi tentang analisis ilmu ekonomi, pembelajaran akuntansi, dan berita ekonomi di indonesia, AdiGunawan.NET juga memberikan berbagai panduan memulai bisnis saham, mungkin Anda tertarik untuk mulai perdagangan saham atau investasi saham, selengkapnya silahkan buka daftar isi panduan saham dibawah ini :


Keyword : Akuntansi Keuangan,

Untuk mendapat notifikasi artikel terbaru, masukkan e-mail anda disini :

Selanjutnya cek e-mail untuk verifikasi.
Tuliskan komentar anda dibawah ini.

Kategori Terpopuler

Artikel Terpopuler


Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar
Tanggapan dan Saran