Jurnal Penerimaan dan Pengeluaran Kas: Pengertian & Contoh

Jurnal Penerimaan dan Pengeluaran Kas: Pengertian & Contoh

Pada kesempatan ini Ekonomi akan mengulas tentang "" dengan judul artikel "Jurnal Penerimaan dan Pengeluaran Kas: Pengertian & Contoh".

Tag :

Artikel Terkait Informasi Ahli Ekonomi Terbaru & Terlengkap

SmartPeople.ID - Jangan lupa membaca artikel sebelumnya, Anda bisa menemukan berbagai rekomendasi bisnis terbaik sesuai karakteristik dan hobi Anda di halaman > Rekomendasi Bisnis Terbaik dan Terlengkap.

Di dalam dunia akuntansi, khususnya dalam hal transaksi kas yangb terjadi di dalam perusahaan, kita mengenal adanya penerimaan dan pengeluaran kas. Setiap adanya transaksi penerimaan maupun pengeluaran kas, perusahaan wajib mencatatnya di dalam jurnal, untuk menunjukkan nilai transaksi dan sebagai laporan pencatatan perusahaan (yang nantinya akan dimasukkan di dalam laporan keuangan). 

Maka di artikel Bahas Ekonomi ini, kita akan membahas pengertian jurnal penerimaan dan pengluaran kas, beserta contoh soal dan pencatatan transaksi untuk jurnal penerimaan dan penerimaan kas.  

PENGERTIAN DAN PENCATATAN JURNAL PENERIMAAN KAS 

Penerimaan kas (cash receipt) adalah penerimaan uang tunai sehingga menyebabkan jumlah aset perusahaan, dalam hal ini kas, akan bertambah. 

Contoh-contoh transaksi penerimaan kas adalah: Penjualan tunai, penjualan aset, penerimaan sewa, penerimaan pelunasan piutang dan penerimaan lainnya yang berhubungan langsung dengan penerimaan tunai (kas). 

Sehingga jurnal penerimaan kas pasti akan melibatkan akun KAS di dalam pencatatan jurnal. Karena yang dicatat adalah penerimaan kas, maka akun kas PASTI akan ditaruh di posisi DEBIT (bertambah). Dan akun lawannya (kredit) menyesuaikan dengan transaksi penerimaan kas tersebut. 

Penerimaan2 kas ini akan dicatat dalam jurnal penerimaan kas (receipt cash journal). 

Contoh 1: Penerimaan kas dari penjualan tunai. 

Tanggal 12 Maret PT Abadi Jaya menerima kas dari penjualan sepeda gunung sebesar Rp6.000.000 pada pelanggan. Jurnal untuk transaksi penjualan tunai sebagai berikut: 

Kas (D) ................................. 6.000.000
   Penjualan (K) ....................    5.400.000
   PPN Keluaran (K) ............        600.000

Contoh 2: Penerimaan kas dari penerimaan sewa 

Tanggal 1 April 2019 PT Do Rent menerima kas dari sewa bangunan kepada pelanggan untuk jangka waktu 1 tahun mendatang sebesar Rp12.000.000. Maka jurnal penerimaan kas-nya untuk mencatat penerimaan sewa tunai adalah sebagai berikut: 

Kas (D) ............................ 12.000.000
   Pendapatan Sewa (K) ....... 12.000.000

Contoh 3: Penerimaan kas dari pelunasan piutang usaha 

Tanggal 10 April 2019 PT Agung Jaya menerima pelunasan piutang usaha dari pelanggan senilai Rp5.000.000. Maka jurnal penerimaan kas untuk mencatat pelunasan piutang usaha adalah: 

Kas (D) .......................... 5.000.000
   Piutang Usaha (K)   ......... 5.000.000

Contoh 4: Penerimaan kas dari penerimaan lain-lain 

Tanggal 1 Juni 2019 PT Sekar Sentosa menerima kas dari penjualan barang-barang bekas (packaging) sebesar Rp2.000.000. Maka jurnal penerimaan kas-nya adalah sebagai berikut: 

Kas (D) ..........................................  2.000.000
   Pendapatan lain-lain (K) ................ 2.000.000

PENGERTIAN DAN PENCATATAN JURNAL PENGELUARAN KAS 

Pengeluaran kas (cash payment) merupakan transaksi pengeluaran secara tunai, sehingga aset perusahaan berupa kas dan setara kas akan berkurang. 

Ada bermacam-macam transaksi pengeluaran kas perusahaan antara lain adalah pembelian barang dagang, pembeliang perlengkapan kantor, pembelian bahan baku, membayar utang, pengeluaran kas untuk pembelian bahan pembantu dan lain2.

Pada transaksi pengeluaran kas, pasti akan melibatkan kas, karena kas berkurang maka kas akan ditempatkan pada posisi KREDIT, dan akun di posisi debit akan mengikuti sesuai dengan transaksi pengeluaran kas yang sedang berlangsung saat itu. 

Contoh 1: Pengeluaran kas dari pembelian bahan baku 

Pada tanggal 7 April 2019 PT Abadi Jaya Food membeli bahan baku dari supplier sebesar Rp10.000.000, dan dibayar tunai. Jurnal pengeluaran kas adalah sebagai berikut: 

Bahan baku (D) ........... 10.000.000
   Kas (K) .......................... 10.000.000

Contoh 2: Pengeluaran kas dari pembayaran biaya listrik, air, telepon 

Pada tanggal 30 Juli 2019 PT Mandiri Java Food membayar biaya listrik, air dan telepon sebesar Rp5.000.000. Maka jurnal pengeluaran kas adalah sebagai berikut: 

Biaya listrik, air, telepon (D) .......... 5.000.000
    Kas (K) ............................................. 5.000.000

Contoh 3: Pengeluaran kas dari pembayaran utang usaha 

Pada tanggal 24 Februari 2019 PT Sekar Jaya melunasi utang pada pemasok sebesar Rp1.000.000. Jurnal pengeluaran kas adalah: 

Utang usaha (D) ......... 1.000.000
    Kas (K) .......................... 1.000.000

Itulah pengertian dan jurnal penerimaan serta pengeluaran kas. Semoga bermanfaat untuk anda. 


Selain sebagai media informasi tentang analisis ilmu ekonomi, pembelajaran akuntansi, dan berita ekonomi di indonesia, AdiGunawan.NET juga memberikan berbagai panduan memulai bisnis saham, mungkin Anda tertarik untuk mulai perdagangan saham atau investasi saham, selengkapnya silahkan buka daftar isi panduan saham dibawah ini :


Keyword : Ahli Ekonomi, Akuntansi Dasar, Akuntansi Keuangan,

Untuk mendapat notifikasi artikel terbaru, masukkan e-mail anda disini :

Selanjutnya cek e-mail untuk verifikasi.
Tuliskan komentar anda dibawah ini.

Kategori Terpopuler

Artikel Terpopuler


Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar
Tanggapan dan Saran