Contoh Soal Regresi Berganda Dummy (Satu Kriteria) + Analisis - Bagian II

Contoh Soal Regresi Berganda Dummy (Satu Kriteria) + Analisis - Bagian II

Pada kesempatan ini Ekonomi akan mengulas tentang "" dengan judul artikel "Contoh Soal Regresi Berganda Dummy (Satu Kriteria) + Analisis - Bagian II".

Tag :

Artikel Terkait Informasi Ahli Ekonomi Terbaru & Terlengkap

SmartPeople.ID - Jangan lupa membaca artikel sebelumnya, Anda bisa menemukan berbagai rekomendasi bisnis terbaik sesuai karakteristik dan hobi Anda di halaman > Rekomendasi Bisnis Terbaik dan Terlengkap.

Di Bagian I saya sudah menjelaskan contoh soal regresi berganda dummy. Anda bisa lihat contoh soal dan uji statistiknya disini: Contoh Soal Regresi Berganda Dummy (Satu Kriteria) + Analisis - Bagian I. Di bagian II, saya akan menampilkan output statistik SPSS untuk uji regresi dummy. 



Analisis:

Ø  Pada output Model Summary terlihat adanya R sebesar 0,608 yang menunjukkan angka korelasi yang cukup kuat antara gaji yang diterima dengan gender salesman sebesar 0,608.
Ø  Pada output Anova, didapatkan nilai F hitung adalah 7,637 dengan tingkat Sig(signifikansi) sebesar 0,016. Tingkat sig berada jauh dibawah 0,05 yang mengindikasikan bahwa pengaruh variabel independen (gender) signifikan terhadap gaji yang diterima.
Ø  Pada output Coefficients tampak pada nilai Sig pada konstanta dan variabel independen yang memiliki tingkat signifikansi dibawah 0,05 (0,000 untuk konstanta dan 0,016 untuk gender salesman). Hal ini mengindikasikan bahwa model regresi sudah layak untuk memprediksi pengaruh gender pada gaji salesman.
Ø  Persamaan regresi yang dapat dibentuk dari output Coefficients adalah:
Gaji = 188.286 + 25.464 gender

ü  Nilai konstanta sebesar 188.286 menunjukkan gaji rata-rata yang diterima dengan perhitungan Dummy:

§  Salesman wanita (gender = 0) adalah:
gaji = 188.286 + (25.464 X 0) = 188.286 atau dengan kata lain gaji untuk salesman wanita sebesar Rp. 188.286 per bulan
§  Salesman pria (gender = 1) adalah:
gaji = 188.286 + (25.464 X 1) = 213.750 atau dengan kata lain gaji untuk salesman pria sebesar Rp. 213.750 per bulan.
Kesimpulannya terdapat perbedaan antara gaji wanita dnegan gaji pria.

ü  Nilai koefisien 25.464 menunjukkan bahwa salesman pria (kode = 1) memiliki rata-rata gaji lebih tinggi Rp. 25.464 per bulan dibandingkan wanita. Untuk mengujinya, maka dapat dihitung menggunakan pengurangan dari perhitungan diatas, yaitu 213.750 – 188.286 = 25.464. 

Oke, kini anda sudah memahami regresi dummy dengan satu kriteria. Sekarang kita masuk pada contoh soal regresi berganda dummy dengan 2 kriteria lebih. Anda bisa pelajari contoh soal dan analisisnya disini: Contoh Soal Regresi Berganda Dummy (Lebih Dari Dua Kriteria) + Analisis - Bagian I dan Contoh Soal Regresi Berganda Dummy (Lebih Dari Dua Kriteria) + Analisis - Bagian II.


Selain sebagai media informasi tentang analisis ilmu ekonomi, pembelajaran akuntansi, dan berita ekonomi di indonesia, AdiGunawan.NET juga memberikan berbagai panduan memulai bisnis saham, mungkin Anda tertarik untuk mulai perdagangan saham atau investasi saham, selengkapnya silahkan buka daftar isi panduan saham dibawah ini :


Keyword : Ahli Ekonomi, Statistik,

Untuk mendapat notifikasi artikel terbaru, masukkan e-mail anda disini :

Selanjutnya cek e-mail untuk verifikasi.
Tuliskan komentar anda dibawah ini.

Kategori Terpopuler

Artikel Terpopuler


Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar
Tanggapan dan Saran