Pasar Persaingan Sempurna: Definisi, Contoh dan Ciri-Ciri Pasar Persaingan Sempurna

Pasar Persaingan Sempurna: Definisi, Contoh dan Ciri-Ciri Pasar Persaingan Sempurna

Pada kesempatan ini Ekonomi akan mengulas tentang "" dengan judul artikel "Pasar Persaingan Sempurna: Definisi, Contoh dan Ciri-Ciri Pasar Persaingan Sempurna".

Tag :

Artikel Terkait Informasi Ahli Ekonomi Terbaru & Terlengkap

SmartPeople.ID - Jangan lupa membaca artikel sebelumnya, Anda bisa menemukan berbagai rekomendasi bisnis terbaik sesuai karakteristik dan hobi Anda di halaman > Rekomendasi Bisnis Terbaik dan Terlengkap.

Pasar persaingan sempurna merupakan salah satu bentuk pasar dalam dunia ekonomi yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan, mungkin tanpa menyadarinya anda setiap hari selalu membutuhkan barang2 yang ada di pasar persaingan sempurna. Di pos ini, kita akan membahas tentang definisi pasar persaingan sempurna, contoh pasar persaingan sempurna, pasar persaingan sempurna dan ciri-cirinya. 

Pasar persaingan sempurna adalah pasar yang didalamnya terdiri dari banyak pembeli dan banyak penjual, sehingga tidak ada satu pun pembeli dan penjual yang dapat menentukan harga. Artinya, baik pembeli maupun penjual tidak dapat mempengaruhi harga, sehingga harga di pasar benar2 merupakan hasil kesepakatan dari interaksi permintaan dan penawaran. Di pasar ini, jenis barang yang dijual adalah sejenis / serupa / homogen. 

Contoh pasar persaingan sempurna bisa kita jumpai sehari-hari adalah produsen beras, kentang, gandum, batu bara dan lain2. Pasar beras misalnya. Beras adalah barang yang homogan / relatif sama baik dari bentuk, warna, tampilan, serta di dalam pasar beras terdiri dari banyak sekali penjual dan pembeli. 

Pasar beras adalah contoh konkrit pasar persaingan sempurna
Sumber gambar: Katadata 

CIRI-CIRI PASAR PERSAINGAN SEMPURNA 

1. Terdapat banyak penjual dan pembeli 

Pada pasar persaingan sempurna, tidak ada batasan jumlah penjual yang bisa masuk dalam pasar ini. Demikian juga dengan jumlah pembeli. 

2. Barang yang diperdagangkan bersifat homogen 

Barang yang homogen ini menyebabkan masing2 barang memiliki sifat saling menggantikan (substitusi) satu dengan yang lain. Sehingga pembeli bebas membeli pada penjual manapun. Sementara penjual tidak dapat menentukan harga yang berbeda dengan penjual lain, karena barang yang dijual bukanlah barang yang bersifat unik. 

3. Pembeli dan penjual bebas masuk dan keluar pasar 

Tidak ada hambatan dan larangan bagi pembeli untuk membeli di pasar persaingan sempurna. Hal yang sama juga terjadi pada penjual yang dapat masuk ke usaha di pasar persaingan semprna maupun menutup usahanya sekehendak hati. Jika penjual merasa mengalami kerugian, maka penjual bisa menghentikan usahanya sekehendak hati. 

4. Pembeli dan penjual bertindak sebagai penerima harga (price taker) 

Jumlah pembeli dan penjual yang banyak menyebabkan pembeli dan penjual bersifat sebagai penerima harga (price taker), karena baik pembeli maupun penjual tidak dapat menentukan harga yang tercipta di pasar. 

5. Informasi yang sempurna 

Pembeli dan penjual memiliki informasi yang sempurna tentang harga, kualitas barang, dan jumlah barang yang ada di pasar. Informasi sempurna ini menyebabkan penjual tidak mengenakan harga yang lebih tinggi dibanding penjual lain pada tingkat barang yang sama. Apabila penjual melaukan hal tersebut, maka pembeli akan memilih barang pada penjual lain yang menawarkan tingkat harga yang lebih kompetitif sesuai dengan harga pasar. 

6. Faktor produksi bergerak secara bebas 

Tidak adanya hambatan memasuki pasar, maka penjual juga bebas untuk memindahkan produksinya kemanapun, sesuai dengan keinginan penjual.  

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN PASAR PERSAINGAN SEMPURNA 

Kelebihan pasar persaingan sempurna: 

1. Tidak adanya persaingan harga antar penjual, karena harga pasar diikuti seluruh penjual. 

2. Informasi yang sempurna dimiliki penjual dan pembeli 

3. Adanya efisiensi maksimal dalam produksi

4. Penjual bisa memindahkan faktor produksinya kemana saja, karena tidak ada hambatan

Kekurangan pasar persaingan sempurna: 

1. Sulit terjadi inovasi produk karena teknologi dan inovasi dapat dilakukan juga oleh perusahaan lain. 

2. Produk bersifat homogen, sehingga hal ini akan membatasi pilihan konsumen untuk memilih jenis produk yang diinginkan, sehingga tidak bisa mencapai kepuasan maksimal (pelanggan tidak memiliki pilihan). 


Selain sebagai media informasi tentang analisis ilmu ekonomi, pembelajaran akuntansi, dan berita ekonomi di indonesia, AdiGunawan.NET juga memberikan berbagai panduan memulai bisnis saham, mungkin Anda tertarik untuk mulai perdagangan saham atau investasi saham, selengkapnya silahkan buka daftar isi panduan saham dibawah ini :


Keyword : Ahli Ekonomi, Ilmu Ekonomi,

Untuk mendapat notifikasi artikel terbaru, masukkan e-mail anda disini :

Selanjutnya cek e-mail untuk verifikasi.
Tuliskan komentar anda dibawah ini.

Kategori Terpopuler

Artikel Terpopuler


Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar
Tanggapan dan Saran