Pasar Persaingan Tidak Sempurna: Pengertian, Jenis-jenis, Ciri-Ciri, Contoh

Pasar Persaingan Tidak Sempurna: Pengertian, Jenis-jenis, Ciri-Ciri, Contoh

Pada kesempatan ini Ekonomi akan mengulas tentang "" dengan judul artikel "Pasar Persaingan Tidak Sempurna: Pengertian, Jenis-jenis, Ciri-Ciri, Contoh".

Tag :

Artikel Terkait Informasi Ahli Ekonomi Terbaru & Terlengkap

SmartPeople.ID - Jangan lupa membaca artikel sebelumnya, Anda bisa menemukan berbagai rekomendasi bisnis terbaik sesuai karakteristik dan hobi Anda di halaman > Rekomendasi Bisnis Terbaik dan Terlengkap.

Dalam suatu perdagangan usaha, ada macam-macam jenis pasar. Pada umumnya, ada dua jenis pasar, yaitu pasar persaingan sempurna dan pasar persaingan tidak sempurna. Tentang pasar persaingan sempurna, saya pernah menjelaskannya disini: Pasar Persaingan Sempurna: Definisi, Contoh dan Ciri-Ciri Pasar Persaingan Sempurna. Di pos ini, kita akan membahas tentang pengertian pasar persaingan tidak sempurna, ciri-ciri, contoh dan jenis-jenis pasar persaingan tidak sempurna. 

Pengertian pasar persaingan tidak sempurna adalah jenis pasar di mana terdapat sedikit penjual tetapi pembelinya sangat banyak. Dikarenakan jumlah penjual yang terbatas, maka penjual disini akan menjadi pihak yang diuntungkan, karena penjual bisa menentukan harga untuk memperoleh banyak keuntungan. 

Barang atau jasa yang dijual di pasar persaingan tidak sempurna umumnya beragam / heterogen. Dikatakan pasar persaingan 'tidak sempurna' karena adanya salah satu pihak (penjual) yang mendominasi dalam hal penentuan harga, sehingga bisa menimbulkan ketidakadilan dalam pasar.  

CIRI-CIRI PASAR PERSAINGAN TIDAK SEMPURNA 

1. Terdapat sedikit penjual dan banyak pembeli 

2. Harga ditentukan oleh penjual karena adanya unsur monopoli. Hal ini menyebabkan interaksi permintaan dan penawaran harga kurang berperan dalam pembentukan harga.

3. Produsen baru sulit masuk ke dalam pasar karena banyak hambatan di dalamnya. Misalnya penjual yang sudah memiliki merk produk yang lebih dikenal dan sudah mendapatkan loyalitas yang lebih dimata pelanggan.  

4. Barang dan jasa yang dijual bervariasi, namun sulit mendapatkan barang alternatif / substitusi dengan fungsi yang sama. 

JENIS-JENIS PASAR PERSAINGAN TIDAK SEMPURNA 

Pasar persaingan tidak sempurna terdiri dari 5 (lima) jenis pasar, yaitu pasar monopoli, pasar oligopoli, pasar monopolistik, pasar monopsoni, pasar oligopsoni. Berikut adalah penjelasan untuk jenis-jenis pasar persaingan tidak sempurna: 

1. Pasar monopoli

Pengertian pasar monopoli, ciri-ciri pasar monopoli dan contoh pasar monopoli anda bisa tulisan saya disini: Pasar Monopoli: Pengertian, Ciri-ciri dan Contoh Pasar Monopoli.

2. Pasar oligopoli 

Pengertian pasar oligopoli, ciri-ciri pasar oligopoli dan contoh pasar oligopoli anda bisa baca tulisan saya disini: Pasar Oligopoli: Pengertian, Ciri-Ciri, Contoh Pasar Oligopoli.

3. Pasar monopolistik

Pengertian pasar monopolistik, ciri-ciri pasar monopolistik dan contoh pasar monopolistik di Indonesia bisa anda baca tulisannya disini: Pasar Monopolistik: Pengertian, Contoh dan Ciri-Ciri Pasar Monopolistik.

4. Pasar monopsoni

Pengertian pasar monopsoni, ciri-ciri pasar monopsoni dan contoh pasar monopsoni di Indonesia, bisa anda baca penjelasan lengkapnya disini: Pengertian Pasar Monopsoni, Contoh dan Ciri-Cirinya.

5. Pasar oligopsoni

Pengertian pasar oligopsoni, ciri-ciri pasar oligopsoni dan contoh pasar oligopsoni di Indonesia, bisa anda lihat penjelasannya disini: Pengertian Pasar Oligopsoni, Ciri-ciri Beserta Contohnya.

Itulah penjelasan dan contoh pasar persaingan tidak sempurna. Jadi kesimpulannya, pasar persaingan tidak sempurna ini merupakan pasar yang didalamnya terdapat banyak penjual, sedikit pembeli atau sebaliknya. Hal ini berbeda dengan pasar persaingan sempurna yang di dalamnya terdapat banyak sekali pembeli dan penjual, sehingga mereka tidak bisa saling mempengaruhi harga. Di pasar persaingan tidak sempurna, terdapat 5 jenis / bentuk pasar. 


Selain sebagai media informasi tentang analisis ilmu ekonomi, pembelajaran akuntansi, dan berita ekonomi di indonesia, AdiGunawan.NET juga memberikan berbagai panduan memulai bisnis saham, mungkin Anda tertarik untuk mulai perdagangan saham atau investasi saham, selengkapnya silahkan buka daftar isi panduan saham dibawah ini :


Keyword : Ahli Ekonomi, Ilmu Ekonomi,

Untuk mendapat notifikasi artikel terbaru, masukkan e-mail anda disini :

Selanjutnya cek e-mail untuk verifikasi.
Tuliskan komentar anda dibawah ini.

Kategori Terpopuler

Artikel Terpopuler


Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar
Tanggapan dan Saran