Pengertian, Contoh dan Komponen Laporan Perubahan Modal (Ekuitas)

Pengertian, Contoh dan Komponen Laporan Perubahan Modal (Ekuitas)

Pada kesempatan ini Ekonomi akan mengulas tentang "" dengan judul artikel "Pengertian, Contoh dan Komponen Laporan Perubahan Modal (Ekuitas)".

Tag :

Artikel Terkait Informasi Laporan Keuangan Terbaru & Terlengkap

SmartPeople.ID - Jangan lupa membaca artikel sebelumnya, Anda bisa menemukan berbagai rekomendasi bisnis terbaik sesuai karakteristik dan hobi Anda di halaman > Rekomendasi Bisnis Terbaik dan Terlengkap.

Salah satu komponen penting dalam laporan keuangan yang harus disajikan adalah laporan perubahan modal atau kita biasa juga menyebutnya sebagai laporan perubahan ekuitas. Di pos ini kita akan membahas pengertian laporan perubahan modal, termasuk contoh dan komponen-komponennya. 

Laporan perubahan modal adalah laporan yang berisi informasi tentang perubahan modal pada suatu perusahaan sebahai akibat adanya kegiatan operasi perusahaan dalam periode tertentu. Dengan kata lain, laporan perubahan modal ini mengindikasikan tentang berapa besar perubahan modal yang terjadi selama periode tertentu. 

Laporan perubahan modal disusun setelah laporan laba rugi, karena laba/ rugi yang diperoleh perusahaan, nantinya akan menambah modal perusahaan. Jadi, jika perusahaan mengalami laba bersih, maka modal bertambah. Sebaliknya, ketika perusahaan mengalami rugi bersih, maka modal akan berkurang. 

Tujuan laporan perubahan modal dalam laporan keuangan adalah untuk mengungkapkan perubahan (kenaikan dan penurunan) modal perusahaan, serta menunjukkan jumlah investasi dan dana yang dihasilkan dalam periode tertentu.

Komponen-komponen Laporan Perubahan Modal 

- Laba  rugi per awal tahun 
- Laba bersih pada periode akuntansi 
- Dividen yang dibagikan 
- Laba yang tidak dibagikan pada pemegang saham (saldo laba) 

Intinya, laporan perubahan modal berisi tentang modal awal tahun, ditambahkan dengan investasi yang dilakukan pemilik (setoran modal yang berasal dari pemilik perusahaan, jika ada), laba atau rugi yang diperoleh, pengambilan uang untuk keperluan pemilik pribadi yang tidak berkaitan dengan aktivitas operasional (prive), dan modal akhir, yaitu modal pada akhir tahun. Hal-hal yang menyebabkan perubahan modal dalam laporan adalah: 

- Setoran atau investasi dari pemilik (menambah modal)
- Laba / kerugian usaha (Laba menambah modal dan sebaliknya) 
- Adanya pengambilan untuk keperluan pribadi / prive (mengurangi modal)  
- Pembagian dividen (untuk perusahaan go public, jika ada, dan akan mengurangi modal)

Laba atau rugi bersih yang masuk dalam laporan perubahan modal didapatkan dari laporan laba rugi perusahaan. Jadi angka laba rugi harus sama dengan angka yang ada pada laporan perubahan ekuitas. 

Cara Menyajikan Laporan Perubahan Modal

Laporan perubahan modal disusun dengan menyajikan modal awal ditambah dengan tambahan modal disetor oleh pemilik, kemudian laba bersih atau dikurangi rugi bersih, dikurangi dengan prive, dikurangi pembagian dividen (jika perusahaan go public) dan akan menghasilkan modal akhir. 

Contoh Laporan Perubahan Moda

Berikut adalah contoh penyajian laporan perubahan modal:



Itu adalah contoh ringkas laporan perubahan modal. Dibawah ini juga merupakan contoh laporan perubahan modal untuk perusahaan go public PT Sekar Bumi Tbk (SKBM). 


Itulah contoh laporan perubahan modal beserta penjelasannya. Semoga bermanfaat untuk anda. 


Selain sebagai media informasi tentang analisis ilmu ekonomi, pembelajaran akuntansi, dan berita ekonomi di indonesia, AdiGunawan.NET juga memberikan berbagai panduan memulai bisnis saham, mungkin Anda tertarik untuk mulai perdagangan saham atau investasi saham, selengkapnya silahkan buka daftar isi panduan saham dibawah ini :


Keyword : Laporan Keuangan,

Untuk mendapat notifikasi artikel terbaru, masukkan e-mail anda disini :

Selanjutnya cek e-mail untuk verifikasi.
Tuliskan komentar anda dibawah ini.

Kategori Terpopuler

Artikel Terpopuler


Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar
Tanggapan dan Saran