Pengertian dan Contoh Biaya Peluang (Opportunity Cost)

Pengertian dan Contoh Biaya Peluang (Opportunity Cost)

Pada kesempatan ini Ekonomi akan mengulas tentang "" dengan judul artikel "Pengertian dan Contoh Biaya Peluang (Opportunity Cost) ".

Tag :

Artikel Terkait Informasi Ilmu Ekonomi Terbaru & Terlengkap

SmartPeople.ID - Jangan lupa membaca artikel sebelumnya, Anda bisa menemukan berbagai rekomendasi bisnis terbaik sesuai karakteristik dan hobi Anda di halaman > Rekomendasi Bisnis Terbaik dan Terlengkap.

Di kehidupan sehari-hari kita setiap hari kita harus mengeluarkan biaya untuk memenuhi kebutuhan kita. Dalam dunia perekonomian yang serba luas ini, terdapat istilah biaya peluang (opportunity cost). Apa itu biaya peluang? Biaya peluang (opportunity cost) adalah biaya yang anda dikorbankan karena memilih alternatif kegiatan

Dengan kata lain biaya peluang ini adalah manfaat yang harus anda korbankan saat anda harus memilih salah satu diantara beberapa alternatif kesempatan yang ada. Jadi ada biaya yang harus anda korbankan jika anda tidak memilih alternatif kegiatan yang lain. Masih bingung? Saya berikan contoh dibawah ini.

CONTOH BIAYA PELUANG 

Contoh biaya peluang 1

Perusahaan memiliki gedung baru sebagai aset perusahaan. Nah, dalam hal ini perusahaan memiliki alternatif untuk menyewakan gedung tersebut atau menggunakan gedung tersebut untuk usahanya sendiri. Katakanlah jika perusahaan menyewakan gedung tersebut, maka perusahaan bisa mendapatkan hasil sewa sebesar Rp20 juta per tahun. Katakanlah perusahaan dengan berbagai pertimbangan tertentu akhirnya memilih untuk menggunakan gedung tersebut untuk usahanya. Ini artinya perusahaan akan kehilangan kesempatan untuk mendapatkan uang sewa sebesar Rp20 juta per tahun. Jadi, biaya peluangnya disini adalah pendapatan sewa gedung Rp20 juta.

Contoh biaya peluang 2 

Abi memiliki uang sebesar Rp15 juta. Dengan uang tersebut, abi memiliki beberapa alternatif pilihan untuk menggunakan uangnya. Abi bisa menggunakan uang tersebut untuk berlibur atau membeli laptop untuk pekerjaannya. Apabila Abi memilih untuk berlibur, maka Abi akan kehilangan kesempatan untuk membeli laptop. Demikian juga sebaliknya, jika Abi memilih untuk membeli laptop, maka Abi kehilangan kesempatan untuk berlibur. Kesempatan yang hilang ini yang disebut dengan biaya peluang. 

Contoh biaya peluang 3

Setelah lulus kuliah Agus mendapatkan alternatif untuk bekerja sebagai staff produksi atau bekerja sebagai teller bank. Apabila Agus memilih bekerja sebagai teller bank, maka Agus akan kehilangan kesempatan untuk bekerja sebagai staff produksi. Nah, ini artinya biaya peluangnya disini adalah kesempatan untuk bekerja sebagai staff produksi, karena kesempatan ini adalah kesempatan yang hilang karena tidak dipilih. 

Contoh biaya peluang 4

Putra ingin membeli pangsit mie dan ayam nelongso. Akan tetapi uang yang dimiliki Putra hanya cukup untuk membeli salah satu saja. Akhirnya, Putra memilih untuk membeli pangsit mie dan tidak membeli ayam nelongso. Dalam hal ini, biaya peluangnya adalah satu porsi ayam nelongso, karena Putra memilih untuk tidak membeli ayam nelongso. Jadi satu porsi ayam nelongso ini adalah kesempatan yang hilang.  

Contoh biaya peluang 5

Jika Billy memutuskan untuk menonton pertandingan bola pada dini hari, maka Billy akan kehilangan waktu tidurnya lebih panjang. Maka, biaya peluangnya disini adalah kesempatan waktu tidur yang hilang. 

CIRI-CIRI BIAYA PELUANG 

1. Perhitungan biaya peluang tidaklah selalu berkaitan dengan uang. Biaya peluang bisa berkaitan dengan waktu, kesenangan, keuntungan di masa mendatang dan lain2. 

2. Biaya peluang memiliki banyak kemungkinan penggunaan. 

3. Pengambilan keputusan untuk biaya peluang sangat tergantung pada tujuan seseorang. 

4. Biaya peluang merupakan kebutuhan sekunder atau tersier, karena kebutuhan tersebut bukanlah kebutuhan yang mendesak seperti kebutuhan primer (yang tidak banyak alternatif pilihan). 

Itulah pengertian biaya peluang, ciri-ciri biaya peluang dan contoh biaya peluang. Biaya peluang ini akan anda temukan dalam kehidupan anda sehari-hari, maupun ketika anda menjalankan bisnis anda. Seseorang harus bijaksana dalam memilih alternatif terbaik yang ada. 


Selain sebagai media informasi tentang analisis ilmu ekonomi, pembelajaran akuntansi, dan berita ekonomi di indonesia, AdiGunawan.NET juga memberikan berbagai panduan memulai bisnis saham, mungkin Anda tertarik untuk mulai perdagangan saham atau investasi saham, selengkapnya silahkan buka daftar isi panduan saham dibawah ini :


Keyword : Ilmu Ekonomi,

Untuk mendapat notifikasi artikel terbaru, masukkan e-mail anda disini :

Selanjutnya cek e-mail untuk verifikasi.
Tuliskan komentar anda dibawah ini.

Kategori Terpopuler

Artikel Terpopuler


Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar
Tanggapan dan Saran