Uji Regresi: Contoh Soal Regresi Linier Berganda + Analisis - Bagian I

Uji Regresi: Contoh Soal Regresi Linier Berganda + Analisis - Bagian I

Pada kesempatan ini Ekonomi akan mengulas tentang "" dengan judul artikel "Uji Regresi: Contoh Soal Regresi Linier Berganda + Analisis - Bagian I".

Tag :

Artikel Terkait Informasi Statistik Terbaru & Terlengkap

SmartPeople.ID - Jangan lupa membaca artikel sebelumnya, Anda bisa menemukan berbagai rekomendasi bisnis terbaik sesuai karakteristik dan hobi Anda di halaman > Rekomendasi Bisnis Terbaik dan Terlengkap.

Pada postingan sebelumnya telah dijelaskan mengenai regresi linear sederhana, yaitu model yang menguji hubungan antara satu variabel independen dan satu variabel dependen. Anda bisa baca lagi posnya disini: Uji Regresi: Contoh Soal Regresi Linier Berganda + Analisis - Bagian I dan Uji Regresi: Contoh Soal Regresi Linier Berganda + Analisis - Bagian II

Pada bahasan ini, akan diulas pula mengenai regresi linear berganda, yaitu model regresi yang menguji hubungan antara beberapa variabel independen dan satu variabel dependen. Dalam banyak kasus regresi berganda, pada umumnya jumlah variabel independen berkisar antara dua sampai empat variabel. 

[Bagi rekan-rekan yang ingin belajar analisis laporan keuangan, sedang melakukan penelitian akuntansi tentang analisis laporan keuangan, rekan2 bisa mendapatkan ebooknya disini: Buku Analisis Laporan Keuangan + Bonus Ebook Statistik. ]

Walaupun secara teoritis dapat digunakan banyak variabel bebas, namun penggunaan lebih dari tujuh variabel independen dianggap tidak efektif. Regresi berganda mengenal adanya uji asumsi klasik, yaitu uji normalitas, uji multikolinearitas, uji autokorelasi dan uji heterokedastisitas.

Oke, sekarang langsung saja kita masuk pada contoh soal regresi linier berganda dan analisisnya plus keempat uji asumsi klasik. 

Seorang manajer PT Maju Mundur ingin mengetahui pengaruh biaya produksi, distribusi, dan promosi terhadap tingkat penjualan selama 15 (lima belas) tahun terakhir. Berikut adalah data yang didapatkan PT Maju Mundur. Anda bisa unduh data soalnya disini secara gratis: Contoh Soal Regresi Linier Berganda. 

Langkah-langkah pengujian:

1. Definisikan variabel bebas dan variabel terikat kedalam software Statistical Package for Social Science (SPSS). Variabel bebas adalah jumlah rajutan baju dan jumlah benang wol dan variabel terikat adalah waktu. 

2. Masukkan data ke SPSS. Untuk memasukkan data kedalam SPSS, pada menu SPPS di bagian bawah akan tersedia pilihan Data View dan Variable View. Pilih menu Variable View terlebih dahulu untuk pengisian variabel seperti pada langkah pengujian regresi liner sederhana. Akan muncul tampilan dibawah ini.


Isikan Isikan Measure untuk Tingkat Penjualan, Biaya Produksi, Biaya Distribusi dan Biaya Promosi menggunakan nominal, karena  variabel-variabel tersebut menggunakan data berupa angka. Untuk Tahun, biarkan menggunakan Scale dan Decimals jadikan 0.

3. Pilih Data View dan selanjutnya akan muncul tampilan seperti dibawah, lalu isikan angka (data) nominal secara manual.

(Klik gambar untuk memperbesar)

4. Buka menu Analyze --> Regression --> Linear

Masukkan variabel Tingkat Penjualan ke Dependent, Biaya Produksi, Biaya Distribusi, Biaya Promosi ke Independent.


5. Pilih Method pilih ENTER untuk keseragaman, dimana ENTER merupakan prosedur pemilihan variabel dimana semua variabel dalam blok dimasukkan ke dalam perhitungan single step. Perhatikan gambar dibawah ini: 


6. Pilih menu Statistics: 

Akan muncul tampilan LINEAR REGRESSION: STATISTICS dibawah ini. Langkah-langkah pengisian:

- Pilih Regression Coefficient atau perlakukan koefisien regresi pilih ESTIMATE.
- Pilih Model Fit dan Descriptives.
- Kosongkan bagian Residuals
- Klik Continue


7. Pilih menu Plots atau yang berhubungan dengan gambar atau grafik untuk uji regresi. Setelah memilih menu plots, maka akan muncul tampilan LINEAR REGRESSION: PLOTS dibawah. Langkah-langkah pengujian:

Ø  Pilih Produce All Partial Plots. Produce All Partial Plots dipilih arena kita akn merencanakan untuk menampilkan semua kemungkinan plots.
Ø  Klik Continue


8. Tekan OK untuk menampilkan output.

Nah, setelah itu akan muncul hasil uji dari analisis regresi linier berganda. Anda bisa lihat hasil output, hasil analisis dan interpretasinya di bagian II: Uji Regresi: Contoh Soal Regresi Linier Berganda + Analisis - Bagian II.

Bagi rekan-rekan yang ingin belajar analisis laporan keuangan, sedang melakukan penelitian akuntansi tentang analisis laporan keuangan, rekan2 bisa mendapatkan ebooknya disini: Buku Analisis Laporan Keuangan + Bonus Ebook Statistik. 


Selain sebagai media informasi tentang analisis ilmu ekonomi, pembelajaran akuntansi, dan berita ekonomi di indonesia, AdiGunawan.NET juga memberikan berbagai panduan memulai bisnis saham, mungkin Anda tertarik untuk mulai perdagangan saham atau investasi saham, selengkapnya silahkan buka daftar isi panduan saham dibawah ini :


Keyword : Statistik,

Untuk mendapat notifikasi artikel terbaru, masukkan e-mail anda disini :

Selanjutnya cek e-mail untuk verifikasi.
Tuliskan komentar anda dibawah ini.

Kategori Terpopuler

Artikel Terpopuler


Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar
Tanggapan dan Saran