Pihak-pihak yang Membutuhkan Laporan Keuangan Secara Langsung

Pihak-pihak yang Membutuhkan Laporan Keuangan Secara Langsung

Pada kesempatan ini Ekonomi akan mengulas tentang "" dengan judul artikel "Pihak-pihak yang Membutuhkan Laporan Keuangan Secara Langsung".

Tag :

Artikel Terkait Informasi Akuntansi Dasar Terbaru & Terlengkap

SmartPeople.ID - Jangan lupa membaca artikel sebelumnya, Anda bisa menemukan berbagai rekomendasi bisnis terbaik sesuai karakteristik dan hobi Anda di halaman > Rekomendasi Bisnis Terbaik dan Terlengkap.

Laporan keuangan adalah hasil akhir dari proses akuntansi. Seorang akuntan bekerja untuk bisa menghasilkan suatu laporan keuangan yang bisa diandalkan, reliabel dan mencerminkan keadaan fundamental suatu perusahaan, sehingga laporan keuangan ini nantinya bisa digunakan untuk menilai kinerja di masa lalu, melihat kinerja saat ini dan memprediksi kinerja perusahaan di masa mendatang. 

Dengan kata lain, laporan keuangan sebenarnya dibutuhkan oleh banyak sekali pihak untuk melakukan analisis2 terhadap kinerja perusahaan. Nah, siapa saja pihak2 yang membutuhkan laporan keuangan? Berikut pihak2 yang membutuhkan atau berkaitan dengan laporan keuangan secara langsung: 

1. Pihak internal 

a. Pemilik perusahaan 

Pemilik perusahaan atau owner membutuhkan laporan keuangan untuk mengetahui kinerja perusahaan, laba dan rugi yang dicapai dan menilai kondisi perusahaan. Sehingga pemilik perusahaan bisa mengambil langkah dan kebijakan yang harus dilakukan/ 

b. Manajer dan para pimpinan perusahaan

Bagi manajer, laporan keuangan adalah alat untuk mempertanggungjawabkan pada pemilik perusahaan atas kepercayaan yang telah diberikan. Manajer juga bisa menggunakan laporan keuangan untuk mengukur dan mengevaluasi tingkat biaya di perusahaan, mengukur efisiensi tiap-tiap bagian, mengukur hasil kerja tiap individu yang telah diserahi wewenang dan tanggung jawab, menentukan perlu tidaknya kebijakan baru untuk mencapai hasil yang lebih baik. 

c. Karyawan 

Karyawan membutuhkan laporan keuangan untuk menganalisa prospek perusahaan, apakah tempat mereka bekerja stabil atau tidak. Selain itu, karyawan mungkin juga tertarik mengetahui kemampuan perusahaan dalam memberikan manfaat pensiun, gaji, balas jasa dan kesempatan kerja. 

2. Pihak eksternal 

a. Investor

Investor harus mengetahui laporan keuangan karena merekalah yang akan menginvestasikan dananya di perusahaan. Sebelum investor memutuskan untuk investasi, investor harus enganalisa performa kinerja laporan keuangan perusahaan. 

b. Kreditur

Kreditur bertugas memberikan pinjaman pada perusahaan. Maka dari itu, kreditur harus mengetahui laporan keuangan perusahaan guna menilai apakah perusahaan berhak meneria pinjaman, dan dapat menetapkan besarnya jaminan yang diberikan pada perusahaan. Dengan demikian, kreditur dapat menilai kelayakan suatu pinjaman pada perusahaan. 

Kreditur juga dapat mengetahui track record keuangan perusahaan, sehingga bisa memutuskan apakah perusahaan bisa membayar kewajibannya sesuai jatuh tempo yang disepakati. 

c. Pelanggan 

Pelanggan memiliki hak untuk mengetahui kelangsungan hidup perusahaan, apabila jika pelanggan terlibat dalam perjanjian dengan perusahaan atau jika pelanggan tersebut juga bergantung dari perusahaan. 

d. Pemerintah 

Pemerintah sebagai lembaga yang berwenang memiliki kepentingan informasi laporan keuangan untuk mengukur seberapa jauh aktivitas perusahaan, sehingga pemerintah dapat menetapkan kebijakan2 ekonomi, pajak dan bisa menyusun statistik pendapatan nasional dan lain2. 

3. Direktorat Jenderal Pajak 

Dirjen pajak membutuhkan laporan keuangan sebagai dasar untuk menghitung besarnya pajak yang harus dibayar perusahaan, dan mengenakan sanksi pada perusahaan jika perusahaan lalai dalam membayar pajak. 

f. Masyarakat 

Laporan keuangan dapat memudahkan masyarakat untuk mengetahui informasi dan perkembangan perusahaan, serta kesehatan perusahaan dalam menjalankan aktivitas bisnisnya. 

Itulah pihak2 yang membutuhkan laporan keuangan secara langsung, guna melakukan analisis2 atas kinerja perusahaan. 


Selain sebagai media informasi tentang analisis ilmu ekonomi, pembelajaran akuntansi, dan berita ekonomi di indonesia, AdiGunawan.NET juga memberikan berbagai panduan memulai bisnis saham, mungkin Anda tertarik untuk mulai perdagangan saham atau investasi saham, selengkapnya silahkan buka daftar isi panduan saham dibawah ini :


Keyword : Akuntansi Dasar,

Untuk mendapat notifikasi artikel terbaru, masukkan e-mail anda disini :

Selanjutnya cek e-mail untuk verifikasi.
Tuliskan komentar anda dibawah ini.

Kategori Terpopuler

Artikel Terpopuler


Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar
Tanggapan dan Saran