Pengertian Laba Ditahan (Retained Earning) dalam Akuntansi

Pengertian Laba Ditahan (Retained Earning) dalam Akuntansi

Pada kesempatan ini Ekonomi SmartPeople.ID akan mengulas tentang Ahli Ekonomi dengan judul artikel Pengertian Laba Ditahan (Retained Earning) dalam Akuntansi, yang ditulis oleh Stevan Tekno, pada hari Selasa, Desember 03, 2019

Keyword :

Artikel Terkait Ahli Ekonomi Terbaru & Terlengkap

SmartPeople.ID - Jangan lupa membaca artikel sebelumnya, Anda bisa menemukan berbagai rekomendasi bisnis terbaik sesuai karakteristik dan hobi Anda di halaman > Rekomendasi Bisnis Terbaik dan Terlengkap.

Dalam dunia akuntansi anda pasti akan sering menjumpai istilah laba ditahan (retained earning). Di dalam laporan keuangan, laba ditahan masuk di dalam Laporan Laba Ditahan atau istilah lama-nya adalah Laporan Perubahan Ekuitas. Apa yang dimaksud dengan laba ditahan?

Laba ditahan nama lainnya adalah saldo laba. Jadi, kalau anda membuka laporan keuangan perusahaan go public, anda pasti akan menemukan akun saldo laba ini pada laporan keuangan perusahaan. 

Laba ditahan merupakan laba bersih yang ditahan oleh perusahaan untuk tidak dibagikan kepada pemegang saham dalam bentuk dividen. Laba ditahan akan masuk dalam ekuitas perusahaan dengan tujuan untuk membayar utang atau reinvestasi kembali. Rumus laba ditahan adalah sebagai berikut: 

Laba ditahan = Saldo laba / laba ditahan awal tahun + Laba (rugi) bersih tahun berjalan - Dividen.

Untuk mempermudah, silahkan lihat contoh laporan laba ditahan pada laporan keuangan perusahaan go public PT Indofood CBP Tbk (ICBP). 


Saldo laba ditahan awal didapatkan dari akumulasi semua saldo laba perusahaan sejak perusahaan tersebut berdiri hingga hari ini. Nah, sebenarnya komponen pengurang saldo laba ditahan bukan hanya berasal dari pembagian dividen saja, tetapi bisa dari komponen2 lainnya. Tapi pada umumnya, hal yang utama harus anda perhatikan sebagai komponen pengurang laba ditahan adalah pembagian dividen kepada pemegang saham, 

Apabila perusahaan memutuskan untuk tidak membagikan dividen, maka laba ditahan perusahaan pada tahun berjalan akan tetap "penuh", karena laba bersih perusahaan setelah pajak akan langsung ditambahkan pada saldo laba awal tahun. 

Nah, itulah pengertian laba ditahan dan contoh laporan ekuitas dan akun laba ditahan. Semoga pos ini memberikan pencerahan pada anda yang selama ini masih bingung mengartikan apa itu laba ditahan. 


Selain sebagai media informasi tentang analisis ilmu ekonomi, pembelajaran akuntansi, dan berita ekonomi di indonesia, AdiGunawan.NET juga memberikan berbagai panduan memulai bisnis saham, mungkin Anda tertarik untuk mulai perdagangan saham atau investasi saham, selengkapnya silahkan buka daftar isi panduan saham dibawah ini :


Tag : , ,

Untuk mendapat notifikasi artikel terbaru, masukkan e-mail anda disini :

Selanjutnya cek e-mail untuk verifikasi.
Tuliskan komentar anda dibawah ini.
Portal Edukasi Bisnis dan Investasi Terlengkap. Selain Sebagai Media Informasi Finansial Terbaik di Indonesia, Melalui Konten Berkualitas dan Bermanfaat Kami Berkomitmen untuk Memandu Anda dalam Memulai Berbagai Bidang Bisnis.

Kategori Terpopuler

Terpopuler Hari Ini