Sumber Dana Jangka Menengah - SmartPeople.ID

Sumber Dana Jangka Menengah - SmartPeople.ID

Pada kesempatan ini Ekonomi SmartPeople.ID akan mengulas tentang Akuntansi Keuangan dengan judul artikel Sumber Dana Jangka Menengah - SmartPeople.ID, yang ditulis oleh Adi Gunawan, pada hari Minggu, Desember 01, 2019

Keyword :

Artikel Terkait Akuntansi Keuangan Terbaru & Terlengkap
SmartPeople.ID - SmartPeople.ID - Jangan lupa membaca artikel sebelumnya, mengenai > informasi bisnis dan investasi terbaru.

Kemarin kita sudah membahas 3 Sumber Dana Perusahaan salah satu sumber dana perusahaan tersebut adalah sumber dana jangka menengah. Sumber dana jangka menengah merupakan sumber dana yang memiliki jangka waktu lebih dari satu tahun dan kurang dari lima tahun.

Jenis sumber dana jangka menengah diantaranya adalah Term Loan, Equipment Loan, Leasing.

Term Loan

Term loan adalah kredit usaha dengan umur lebih dari satu tahun dan kurang dari lima tahun. Term loan pada umumnya dibayar kembali dengan angsuran tetap selama priode tertentu, misalnya setiap bulan, kuartal atau setiap tahun. 

Term loan biasanya disediakan oleh bank komersial atau bank dagang, perusahaan asuransi, dana pensiun, lembaga pembiayaan pemerintah, dan suplier perlengkapan. Jika dilihat dari biaya, term loan memiliki biaya yang lebih rendah dari pada modal saham atau obligasi karena tidak adanya biaya yang berkaitan dengan biaya penerbitan saham dan obligasi.

Jika dibandingkan dengan utang jangka pendek, term loan lebih baik karena tidak segera jatuh tempo dan peminjam memberikan jaminan pembayaran secara periodik yang mencakup bunga pokok pinjaman. Bagi kreditu, jaminan atas pinjaman secara priodik dapat diperjualbelikan kepada pihak lain, biasanya lembaga pengumpul piutang.

sumber dana jangka menengah

Equipment Loan

Equipment Loan adalah pendanaan atau pembiayaan yang dipergunakan untuk pengadaan peralatan baru yang mudah diperjualbelikan. Peminjam biasanya menanggung beban lebih tinggi dari harga perlengkapan tersebut dan selisih antara harga peralatan dengan beban total merupakan margin of safety bagi kreditur.

Equipment Loan biasanya diberikan oleh bank komersial, penjual peralatan, perusahaan asuransi, dana pensiun, dan lembaga pembiayaan lainnya. Ada dua instrumen yang dapat dipergunakan untuk membiayai equipment loan, yaitu melalui kontrak penjualan kondisional (conditional sales contract) dan hipotik barang bergerak (chatell mortgage).

Apabila perusahaan menggunakan kontrak penjualan kondisional untuk membiayai pembelian peralatan, maka penjual akan menahan sebagian peralatan sampai pembeli melunasi keseluruhan pembayaran sesuai kontrak. Jadi pada saat barang dikirim biasanya penjual menerima uang muka down payment dan pembeli bersedia untuk melunasi secara priodik.

Pada saat pelunasan terakhir, penjual akan menyerahkan peralatan yang ditahan atau mungkin surat-surat peralatan tersebut. Bisa juga digunakan cara hipotik barang bergerak yang biasanya dipergunakan oleh bank komersial. Jika dipergunakan hipotik barang bergerak, maka sama dengan pemberian gadai, dimana pemberi pinjaman memiliki atau menguasai hak atas suatu peralatan dan peminjam akan melunasinya untuk jangka waktu tertentu. Jika dikekmudian hari peminjam gagal membayar pinjamannya, maka pihak pemberi pinjaman akan menjual peralatan yang ditahan tersebut.

Leasing (Sewa Guna Usaha)

Leasing atau sewa guna usaha adalah persetujuan atas dasar kontrak dimana pemilik dari aset atau pihak yang menyewakan aset menginginkan pihak lian atau penyewa untuk menggunakan jasa dari aset tersebut selama priode tertentu.




Selain sebagai media informasi finansial, kami juga berbagi panduan cara memulai berbagai bidang bisnis online di indonesia, anda bisa membacanya pada artikel terkait dibawah ini

Tag : ,

Untuk mendapat notifikasi artikel terbaru, masukkan e-mail anda disini :

Selanjutnya cek e-mail untuk verifikasi.
Tuliskan komentar anda dibawah ini.
Portal Edukasi Bisnis dan Investasi Terlengkap. Selain Sebagai Media Informasi Finansial Terbaik di Indonesia, Melalui Konten Berkualitas dan Bermanfaat Kami Berkomitmen untuk Memandu Anda dalam Memulai Berbagai Bidang Bisnis.

Kategori Terpopuler

Terpopuler Hari Ini