Sumber Dana Jangka Panjang - SmartPeople.ID

Sumber Dana Jangka Panjang - SmartPeople.ID

Pada kesempatan ini Ekonomi SmartPeople.ID akan mengulas tentang Akuntansi Keuangan dengan judul artikel Sumber Dana Jangka Panjang - SmartPeople.ID, yang ditulis oleh Adi Gunawan, pada hari Senin, Desember 02, 2019

Keyword :

Artikel Terkait Akuntansi Keuangan Terbaru & Terlengkap
SmartPeople.ID - SmartPeople.ID - Jangan lupa membaca artikel sebelumnya, mengenai > informasi bisnis dan investasi terbaru.

Sumber dana paling akhir dari rangkaian sumber dana perusahaan  adalah sumber dana jangka panjang. Pengertian sumber dana jangka panjang adalah pendanaan yang jangka waktu jatuh temponya lebih dari lima tahun. Pendanaan jangka panjang terutama terdiri dari obligasi.

Pendanaan jangka panjang seringkali digunakan untuk mendanai aset-aset yang masa pakainya panjang, seperti tanah, mesin, pabrik atau proyek-proyek konstruksi.

Jenis-jenis sumber dana jangka panjang biasanya berbentuk Hipotik, Obligasi

Hipotik

Hipotik merupakan pinjaman jangka panjang yang dijamin dengan aset tetap yang memerlukan pembayaran secara berkala. Hipotik dapat diterbitkan untuk mendanai pembelian aset tetap, pembelian pabrik atau peralatan-peralatan pabrik.

Bank mensyaratkan bahwa nilai properti yang akan dijamin untuk memperoleh hipotik harus melebihi nilai hipotik yang akan diberikan. Biasanya bank meminjamkan 70 sampai 90 persen dari nilai jaminan. 

Hipotik mempunyai sejumlah keunggulan, termasuk tingkat bunga yang menguntungkan, pembatasan pendanaan lebih sedikit daripada obligasi, dan perpanjangan tanggal jatuh tempo untuk pembayaran kembali dapat tersedia dengan mudah.

obligasi

Obligasi

Obligasi adalah sertifikat yang menunjukkan bahwa perusahaan meminjam uang uang dan menyetujui untuk membayarnya kembali dalam jangka waktu yang panjang. Suatu perjanjian tertulis, yang dinamakan indenture, menjelaskan ciri-ciri obligasi yang diterbitkan (misalnya, tanggal pembayaran, harga penebusan bila penerbit memutuskan menebus kembali).

Harga obligsi tergantung beberapa faktor, termasuk tanggal jatuh tempo, tingkat bunga dan jaminan. Dalam memilih tanggal jatuh tempo suatu utang jangka panjang, kita harus menyusun jadwal pembayaran kembali utang secara cermat sehingga tidak semua utang jatuh tempo pada saat berdekatan. Sebaiknya pembayaran diatur untuk menghindari kemungkinan arus kas tidak mencukupi pembayaran utang.

Harga obligasi dan tingkat bunga pasar berhubungan secara terbalik. Jika suku bunga dipasar naik, maka harga obligasi yang ada turun, karena para investor akan menanam modal dalam obligasi baru dengan suku bunga lebih tinggi. 

Obligasi merupakan utang jangka panjang dengan waktu 10 sampai 30 tahun. Pembayaran bunga kepada pemegang obligasi biasanya 2 kali dalam setahun, bunga obligasi yang dibayarkan ada yang bunga nominal yaitu pembayaran atas dasar nilai nominalnya.

Materi sebelumnya: Sumber Dana Jangka Menengah


Selain sebagai media informasi finansial, kami juga berbagi panduan cara memulai berbagai bidang bisnis online di indonesia, anda bisa membacanya pada artikel terkait dibawah ini

Tag : ,

Untuk mendapat notifikasi artikel terbaru, masukkan e-mail anda disini :

Selanjutnya cek e-mail untuk verifikasi.
Tuliskan komentar anda dibawah ini.
Portal Edukasi Bisnis dan Investasi Terlengkap. Selain Sebagai Media Informasi Finansial Terbaik di Indonesia, Melalui Konten Berkualitas dan Bermanfaat Kami Berkomitmen untuk Memandu Anda dalam Memulai Berbagai Bidang Bisnis.

Kategori Terpopuler

Terpopuler Hari Ini